Menghindari Jet Lag dengan Teknologi

Apa salah satu yang paling tidak disukai oleh traveler?

Betul, jet lag.

Pada artikel sebelumnya sudah disebutkan cara-cara menghindari jet lag yang biasa terjadi jika kamu melakukan penerbangan jarak jauh.

Artikel kali ini membahas mengenai teknologi yang bisa kita gunakan untuk maksimalkan usaha menghindari jet lag.

Di masa aplikasi seperti saat ini, banyak aplikasi mudah yang dapat kamu pakai untuk membantu kamu menyesuaikan waktu istirahat, antara lain:

1. TimeShifter

Timeshifter adalah aplikasi yang membantu kamu untuk menyingkronkan “jam” di tubuh kamu dengan zona waktu di tempat tujuan.

Kamu tinggal isi pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dan timeshifter akan memberikan rekomendasikan kapan kamu harus tidur sebelum penerbangan, kapan harus terbangun, kapan harus menghindari atau mengkonsumsi kafein. Notifikasi yang diberikan akan membantu kamu tanpa kamu harus pusing memikirkan dan menjadwalkannya sendiri.

Timeshifter bisa gratis atau berbayar (in-app purchases), mulai dari US$ 9.99 hingga paket langganan tahunan US$24.99.

Download aplikasi Timeshifter versi android disini

2. Uplift

Jika kamu mencari solusi cepat untuk memaksimalkan istirahat kamu di pesawat dan mencegah jet lag, aplikasi ini salah satu jawabannya.

Aplikasi ini adalah aplikasi berbayar US$ 9.99 sekali pakai, tetapi aplikasi ini menerapkan metode yang berbeda dari aplikasi ‘anti jet lag’ kebanyakan. Metode uplift bukan mengubah jadwal tidur, tetapi menggunakan metode akupresure bioritmik.

Saat hendak melakukan perjalanan, uplift akan menanyakan beberapa hal mengenai perjalanan kamu kemudian memberikan pelatihan akupresur sesuai hasil dari pertanyaan-pertanyaan yang kamu jawab.

Download aplikasi Uplift versi android disini

3. Jet Lag Rooster

Jet Lag Rooster bukan aplikasi tetapi adalah situs web. Jet Lag Rooster mengumpulkan data yang mirip dengan Timeshifter untuk kemudian memberikan kesimpulan dan saran-saran yang serupa dengan timeshifter.

Karena Jet Lag Rooster merupakan situs web, maka tidak akan akan menciptakan alarm khusus pada smartphone kamu dan kamu harus meluangkan sedikit waktu untuk menyimpan sendiri alarm tersebut.

Namun untuk sebuah alternatif yang gratis dengan tingkat detail setara Timeshifter, Jet Lag Rooster sangat direkomendasikan.

Lihat situs Jet Lag Rooster disini

4. Sleepcycle

Sleepcycle adalah aplikasi alarm yang melacak pola tidur kamu, dan membangunkan kamu perlahan selama 30 menit, dengan demikian kamu tidak bangun dengan kaget akibat alarm yang kencang sehingga tubuh merasakan siklus bangun-tidur yang alami meskipun di zona waktu sudah berbeda.

Sleepcycle adalah aplikasi yang pas untuk kamu yang tidak ingin mengikuti rekomendasi rinci yang ditawarkan Jet Lag Rooster atau Timeshifter.

Download aplikasi Sleepcycle versi android disini.

5. myNoise

Salah satu masalah yang menyebabkan sulit tidur di pesawat adalah suasana yang bising. Menggunakan earplug tidak selalu berhasil.

myNoise adalah aplikasi yang menghasilkan backsound yang menenangkan seperti suara hujan, suara laut, lonceng dan sebagainya. Dan khusus untuk yang benar-benar ingin tertidur, myNoise menyediakan satu backsound bernama white noise. Untuk saya, suara ini ampuh membuat ngantuk dalam hitungan menit.

Aplikasi ini gratis dan harus digunakan dengan earphone.

Download aplikasi myNoise versi android disini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.