Göteborg in Few Hours

When I was busy enjoying the rows of old buildings, my travel companion suddenly said, “Isn’t the city so boring? It looks the same like any other European cities.”

Copenhagen is better, once you see Copenhagen, you see all Europe. Errr… My old young me would definitely up for a debate, but this old current me is too aware that you can’t really change anyone’s mind by doing so. But, I wish next time for a more suitable with at least similar interest of a future travel companion.

Even with gray weather like today it still holds its charm.

Itu adalah cerita yang dibagikan oleh sahabat saya, Maulia Sari di laman Facebooknya.

Göteborg (dibaca: “Yeutebory”) adalah sebuah kota besar di Swedia, terletak di sebelah Sungai Göta älv . Sungai yang terletak di bagian barat negara Swedia ini dulunya merupakan satu-satunya pelabuhan di barat Swedia yang dijaga oleh sebuah benteng bernama Älvsborg. Sebuah kota dengan kanal pelabuhan bergaya Belanda dan jalan-jalan dengan pohon-pohon rindang. (Wikipedia).

Göteborg adalah nama Swedia untuk Gothenburg. Kata Gothenburg ada sejak tahun 1621, dibangun oleh Raja Gustav II Adolf. Dan nama Göteborg baru digunakan secara resmi sejak 2003.

Gothenburg menjadi pusat dari The Swedish East India Company pada abad ke-18 dan pusat imigrasi Amerika pada abad ke-19. Selama itu pula Gothenburg menjadi kota industri, terutama industri pembuatan kapal.

Namun seiring kerasnya persaingan, banyak dermaga yang ditutup pada tahun 1970-an dan kawasan industri ini pun berubah menjadi kawasan yang berbasis teknologi dan pendidikan.

Sebagai kota terbesar kedua setelah Stockholm, kota ini menggabungkan sisi urban yang semarak dan suasana ramah dan pesona tepi laut.

Iklim

Seperti kebanyakan tempat di Swedia bagian selatan dan pesisir, kota ini paling banyak dikunjungi turis pada musim semi dan musim panas. Sedikit berbeda dengan Stockholm, musim panas di Gothenburg cenderung lebih sejuk dan lebih banyak hujan.

Dengan kata lain, Mei hingga September adalah cuaca Gothenburg yang paling nyaman.

Bisa ngapain disana?

  • 1. Keliling Kota Gothenburg (Göteborg)

Keliling kota dengan alat transportasi publik di Gothenburg sangat menyenangkan, Transportasi umum ini dioperasikan oleh Perusahaan transportasi lokal bernama Västtrafik, terdiri dari trem, bus, dan feri.

Kamu dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang tiket dan perencana perjalanan di beranda Västtrafik. Namun transportasi umum di Gothenburg bisa sangat lambat: Misalnya, untuk melintasi satu sisi kota ke sisi lainnya dapat memakan waktu hingga satu jam (untuk melintasi 10km). Tetapi kalau di dalam area pusat, transportasi cukup cepat.

Karena Västtrafik telah menghapus peta dari hampir semua halte trem, siapkan peta sebelum kamu tiba di sini. bisa juga dengan menginstal aplikasi Västtrafiks bernama “Reseplaneraren”. Kamu cukup mengetikkan alamat atau halte trem/bus yang dituju dan aplikasi akan menyarankan rute terbaik.

Jika kamu tersesat, kamu dapat menggunakan fitur “nuvarande position” (posisi saat ini), untuk membuat kamu kembali ke jalur semula. Mungkin kamu akan sedikit pusing karena aplikasi ini dalam bahasa Swedia, kalau tetap mencari informasi dalam bahasa Inggris kamu bisa mengunjungi situs web Västtrafik.

Jenis tiket Västtrafik ada tiga; single ticket, day ticket dan season ticket. Untuk membelinya kamu bisa masuk ke website Västtrafik.

  • 2. Jelajah Alam Gothenburg

Buat kamu yang tidak punya banyak waktu menjelajah, kamu bisa mencari mini tour. Enaknya, kota ini memiliki beberapa pulau dengan jarak dekat sehingga dapat dijelajahi dalam waktu singkat. Kamu bisa island hoping ke Pulau Hönö, Pulau Knippla, Pulau Öckerö dan Pulau Hälsö.

Bagaimana itinerarinya?

Jumat – Tiba di Pelabuhan Hönö Klåva sore hari

Sabtu – Jelajah Hönö Klåva dan Hönö Röd dan berangkat ke Pulau Knippla

Minggu – Jelajah Pelabuhan Tjolmen di Pulau Öckerö dan Pelabuhan Hälsö di Pulau Hälsö

Karena tiba di hari Jumat sore, baiknya langsung istirahat agar Sabtu bisa full jalan-jalan dengan bugar.

Oke, ini perjalanan di Hari Sabtu.

Saat kamu menjelajahi Hönö Klåva, kamu bisa mengunjungi toko-toko lokal bergaya Mediterania seperti Lilling Cottage, dan setelah mengunjungi Liling Cottage kamu bisa mengunjungi Museum Fiskemuseet.

Kalau kamu ingin memahami suatu tempat, cara terbaik adalah dengan mengunjungi museumnya, di museum kamu akan memperoleh banyak informasi sejarah dan tradisi dari tempat tersebut. Seperti mengunjungi Museum Fiskemuseet ini.

Selesai dari museum, kamu bisa memilih restoran untuk makan siang, karena terletak di pelabuhan maka makanan yang tersedia di sini kebanyakan adalah makanan laut. Kamu bisa mengunjungi restoran Franses Skärgårdspub, sebuah restoran yang sebelumnya merupakan tempat pembuatan jaring ikan.

Setelah makan siang, kamu bisa ke Hönö Röd, hanya 25 menit dengan berjalan kaki.

Menuju ke sana kamu akan melewati gereja Hönö (Hönö Kyrka) kemudian menapaki jalan Rödvägen melewati toko ICA, kemudian belok kiri ke jalan Ersdalsvägen dan terus berjalan beberapa ratus meter hingga mencapai tempat parkir.

Nah, dari tempat parkir itulah ada jalan jalan setapak menuju cagar alam Ersdalen, salah satu tempat panjat tebing terbaik yang ditawarkan kepulauan Gothenburg. Bouldering adalah jenis panjat tebing yang paling diminati disini.

Kalau kamu bukan penikmat panjat tebing, kamu tetap akan puas dengan pemandangan alamnya yang memanjakan mata.

Jangan sampai lupa waktu di Ersdalen, setelah ini masih ada pulau indah bernama Knippla. Pulau ini terletak di jalur laut utama antara Göteborg dan Marstrand yang mudah diakses dengan perahu. Perahu dari halte feri Burö Färjeläge ke Knippla gratis dan beroperasi beberapa kali sehari.

Karena sudah seharian di Hönö, kamu akan sampai di Knippla sore hari. Lelah, pasti! Tapi tenang, di sini memang enaknya langsung ke penginapan dan salah satu penginapan yang memiliki balkon menghadap ke perairan antara Marstrand dan Gothenburg adalah Vadbinderiet.

Oh iya,

Saat mengunjungi Källö-Knippla, jangan lewatkan jalan setapak yang bagus di bagian utara pulau. Tempat sempurna untuk berenang di laut, menikmati barbekyu, dan menyaksikan lingkungan sekitar yang menakjubkan.

Perjalanan Hari Minggu

Setelah Sabtu menjelajah Hönö Klåva, Hönö Röd dan Pulau Knippla, Hari Minggu kamu bisa ke Pelabuhan Tjolmen yang terletak di sebelah barat jembatan Hälsöbron, di pantai utara Pulau Öckerö. Di sini kamu akan menemukan Öckerö Båtsällskap, sebuah klub berperahu dimana kamu dapat menyewa kayak. Mendayung ke barat di sepanjang pantai utara Öckerö ke Lilla Rävholmen bolak-balik adalah rute pendek yang menyenangkan, cocok untuk dilakukan sebelum makan siang.

Selain Island Hopping seperti itinerarti di atas, bisa ngapain lagi?

Paling tidak, saya bisa share 3 opsi lain: ikut kegiatan Hittaut, berlayar bersama M/S Trubaduren dan menyewa kayak atau hiking.

Yuk kita kupas singkat satu persatu…

Hittaut adalah kegiatan ini dikordinasi oleh Swedish Orienteering Federation yang biasanya berlangsung saat musim panas. Kamu dapat menjelajah Pulau Björkö, Hönö, Öckerö, Brännö, Styrsö, Donsö, dan Vrångö.

Kamu bisa mengikutinya dengan mengunduh aplikasi Hittaut di smartphone kamu atau mengambil peta di Gothenburg Visitor Centre,(pusat informasi pengunjung) atau Öckerö kommunhus. Di kegiatan Hittaut kamu bisa menjelajah cepat dengan berlari atau menjelajah dengan santai dengan berjalan, yang menarik adalah bahwa semua yang mendaftar mendapat kesempatan untuk memenangkan hadiah.

Cara lain untuk menjelajah adalah dengan berlayar bersama M/S Trubaduren. Di sini kamu akan mendapatkan paduan antara hiburan, makanan laut segar, dan pemandangan laut di bagian selatan kepulauan Gothenburg.

Opsi lain, kamu bisa juga naik kayak atau hiking, dengan mencari penyedia jasa pemandu yang tepat seperti Walkers naturturer, kamu bisa menikmati sunset diatas kayak atau hiking ke dalam hutan. Ini adalah kesempatan kamu mengistirahatkan pikiran kamu dari layar biru laptop, dan kebisingan kota.

Seru ya …

Berhubung masih pandemi, ke Swedianya lewat internet saja, trus pejamkan mata membayangkan pergi ke sana. Tentunya nggak lupa berdoa dan menabung. Semoga pandemi berakhir dan pundi-pundi ditabungan bertambah, supaya bisa traveling ke Swedia.

Amiiin. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.