Makan Siang di Pavé Pastry & Bistro, Kokinya Datang dari Prancis!

Makan siang di sini memang menjadi wish list saya dan Mbak Erika sejak pertengahan bulan lalu, apalagi saat baca-baca informasi bahwa kokinya didatangkan langsung dari Prancis, waah!!.

Pavé Pastry & Bistro terletak tidak jauh dari tempat keseharian kami di bilangan Jakarta Selatan. Lokasinya yang strategis, di Jl. Ahmad Dahlan, Kebayoran Baru membuat kami mudah menjangkaunya.

Bistro yang persis berada di hook ini sudah terlihat cantik dari luar, terasa homey juga. Melihatnya dari jauh terasa ingin lekas sampai.

Saya dan Mbak Erika datang hari Rabu, sedikit sebelum jam makan siang, kira-kira jam 10.30. Karena belum masuk waktu makan siang, ruangan masih cenderung sepi, sebetulnya ingin makan di lantai dua, tetapi kata waitress-nya lantai dua hanya dibuka saat weekend saja. Jadilah kami makan di area sofa lantai satu.

Interior Pavé Pastry & Bistro

Masuk ke dalam ruangan Pavé Pastry & Bistro ini langsung terasa nyamannya karena pemilihan warna hijau dan terakota pada interiornya, dihiasi dengan aksen emas pada beberapa bagian seperti kursi. Lantaipun tidak lepas dari aksen warna, selain ubin berwarna hijau juga digunakan ubin dengan motif geometris putih dan hitam, menambah kesan modern dari keseluruhan tampilan ruangan.

Sebetulnya kalau cuaca nggak terik membabibuta seperti hari itu, sepertinya enak juga memilih tempat duduk di luar. Tapi mungkin itu lain kali saja.

Musik yang diputar Pavé Pastry & Bistro juga menunjang ambience Prancis yang diusung, sebut saja lagu C’est ci bon, La Vie En Rose, dan lagu favorit saya J’ai Deux Amours yang dinyanyikan Madeleine Peyroux.

Pilihan Makanan Pavé Pastry & Bistro

Di bistro ini, saya memilih Seared Salmon with Greens. Jangan terkecoh dengan tampilannya yang nggak sebesar nasi rames padang, Seared Salmon with Greens ini ngenyangin banget. Jika biasanya melihat resep Seared Salmon with Greens ini disajikan dengan nasi, tidak halnya di Pavé Pastry & Bistro. Seared Salmon with Greens disajikan dengan mashed potato yang diletakkan dibawah salmon. Ini nih yang bikin tampilannya terlihat sedikit, padahal mengenyangkan. Seared Salmon with Greens ini enak, bahkan untuk saya yang nggak terlalu suka dengan mashed potato, nyatanya satu piring ludes. Porsinya pas dan masing-masing item (salmon, sayuran, mashed potato) berpadu sempurna, dan diolah dengan baik sehingga tidak ada rasa enek dan tidak ada aroma salmon yang terlalu menyengat. Saat makan, tiap suapnya saya menghela napas, ada surga di mulut saya.

Seared Salmon with Greens – Pave Bistro

Kalau yang saya baca dibeberapa website, yang terkenal di Pavé Pastry & Bistro itu pâtisserie-nya. Tapi sebelum nyoba, tau ngga apa bedanya pâtisserie dengan boulangerie (bakery)?

Sederhananya, di Prancis boulangerie adalah toko roti, sedangkan pâtisserie adalah toko kue. Boulangeries menjual makanan sehari-hari seperti roti dan croissant. Kalau kamu ke Perancis, kamu akan menemukan banyak boulangerie bahkan di kota-kota terkecil.

Di sisi lain, pâtisserie menyediakan makanan yang spesifik kepada makanan penutup atau makanan manis untuk acara-acara khusus. Di Prancis, pastri adalah sebuah bentuk seni. Ini berarti bahwa untuk menjadi maître pâtissier (koki pastri ahli) bukanlah hal yang mudah. Menjadi maître pâtissier membutuhkan semacam ijazah dalam membuat pastry dan pengalaman bertahun-tahun. Ijazah ini sangat penting di Prancis dan Belgia. Tanpa ijazah ini, sebuah toko pastry nggak bisa menyebut dirinya sebagai pâtisserie kecuali mereka mempekerjakan seorang maître pâtissier.

Balik lagi ke Pavé Pastry & Bistro, pilihan pastry hari itu jatuh kepada Choco Snickers Eclair dan Strawberry Cruffin. Cruffin (atau croffin) adalah hybrid dari croissant dan muffin. Pastri ini dibuat dengan cara memanggang adonan yang dilaminasi dalam cetakan muffin. Cruffin kemudian diisi dengan berbagai krim, selai, crème pâtissières atau susu yang dikentalkan dengan cara curdling, dan kemudian diberi hiasan.

Strawberry Cruffin – Pave Bistro

Éclair adalah pastri yang dibuat dengan adonan choux yang diisi dengan krim dan diberi lapisan gula beraroma. Adonannya dibentuk lonjong, dipanggang sampai garing dan berlubang di dalamnya. Setelah dingin, pastri diisi dengan custard (crème pâtissière), krim kocok, atau krim chiboust, kemudian diolesi dengan fondant icing.

Choco Snickers Eclair – Pave Bistro

Buat pecinta makanan manis kayak Mbak Erika, pastry di sini uenaaak…

Untuk minuman, pilihannya juga sangat banyak. Sempat bingung memilih karena rasanya semua ngademin, cocok buat cuaca terik warbiyasah. Akhirnya saya pesan minuman favorit saya dimanapun: Lychee Tea dan Mbak Erika pesan Raspberry Splash.

Raspberry Splash – Pave Bistro
@utamiisharyani

https://ranselsaya.com/2022/12/09/makan-siang-di-pave-pastry-bistro-kokinya-datang-dari-prancis/ Bistro yang persis berada di hook ini sudah terlihat cantik dari luar, terasa homey juga. Melihatnya dari jauh terasa ingin lekas sampai. #foodlover #foodtiktok #jaksel #pastry #makan

♬ French music style, accordion, waltz – arachang

Waktu Terbaik ke Pavé Pastry & Bistro

Kalau kamu mau ke sini, Pavé Pastry & Bistro buka setiap hari, weekday buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB sementara weekend dari jam 08.00 WIB hingga 22.00 WIB. Hidangannya cukup lengkap, tapi kalau saya lihat menunya sih lebih banyak pâtisserie nya dibandingkan main course. Tapi nggak perlu kuatir kalau ingin menyantap makanan yang cukup berat, selain Seared Salmon with Greens juga ada Duck Confit dan Beef Bourguignon. Ada juga makanan ala Indonesia seperti sop buntut sapi, sop buntut sapi panggang dan nasi goreng dengan buntut sapi panggang.

Untuk minuman, cukup banyak pilihannya, mulai dari teh (lemon tea, lychee tea, strawberry tea, peach tea), aneka kopi; latte, cappuccino, americano, piccolo, mochaccino, sampai manual brew juga tersedia.

Selain dine in, juga bisa take away, tapi sepertinya tidak bisa delivery ya. Hmm, kalau saya cek di GoFood sih nggak ada, dan di GrabFood tertera ‘Out of delivery area‘. Tapi jangan kuatir, bisa kok RSVP. Untuk RSVP dan lihat menunya, tinggal klik di Linktree Pavé Pastry & Bistro ini ya.

Buat kamu yang ingin mampir membawa kendaraan sendiri, di Pavé Pastry & Bistro terdapat tempat parkir dan bisa valet. Musholla yang apik dan bersih juga tersedia, begitu juga toiletnya.

Saat weekend, selain ramai juga ada penampilan live band, cocok buat kamu yang senang nongkrong dengan suasana yang ramai cenderung hingar bingar. Sementara bagi kamu yang datang untuk work from cafe disarankan datang di weekday sebelum sore hari. Saya dan Mbak Erika selesai makan dan work from cafe sekitar jam 15.00 WIB, dan pada jam tersebut pengunjung lain mulai banyak yang berdatangan. (*)

===

Harga makanan yang saya dan Mbak Erika pesan di Pavé Pastry & Bistro (belum termasuk pajak):

Seared Salmon with Greens Rp. 119.000

Choco Snickers Eclair Rp. 35.000

Strawberry Cruffin Rp. 30.000

Lychee Tea Rp. 42.000

Raspberry Splash Rp. 45.000

3 pemikiran pada “Makan Siang di Pavé Pastry & Bistro, Kokinya Datang dari Prancis!

  1. Duuuuuh aku langsung pengen cobain mbaaa 😍😍. Soalnya aku pecinta roti2 dan kue beginiiii. Apapun jenisnya sih… Kalo udh roti, pasti doyan. Tapi salmonnya juga kliatan enaak 🤤.

    Langsung aku masukin dulu dlm list. Sbnrnya jarang ke daerah Jaksel. Tapi kalo suami lagi mau diajakin kesana, biasanya kami hunting kafe2 yg blm pernah dicobain

    Suka

  2. Tahunan kerja di perusahaan Perancis dan pernah tugas kesana berkali-kali, lidah ku sudah beradaptasi baik dengan produk bakery, pastry nya Perancis. Sampe sekarang malah jadi keranjingan. Yang dulu cuma kenal dan suka croissant, sekarang sudah merambah ke banyak jenis pastry lainnya.

    Pernah nonton juga ada food vlogger dan blogger merekam dan menuliskan tentang tempat ini. Terus baca artikel ini. Tambah-tambah deh kepengen ke tempat ini.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.