Work and Learn From Anywhere dengan ASUS ExpertBook B3000: Laptop Windows Pertama dengan Snapdragon

Di era Work Form Anywhere dan Learn From Anywhere sekarang ini laptop simple, ringan dengan kemampuan yang mumpuni sangat dibutuhkan dan dicari. Bawa laptop berat kemana-mana efeknya bukan cuma menghabiskan ruang dalam tas tapi juga membuat punggung sakit dan pegal. Pengalaman yang dialami banyak orang saat ini termasuk saya. Buka kartu saja nih, saya pernah mengalami backpain hingga harus fisioterapi karena membawa laptop berat pulang pergi kantor.

Karena hal tersebutlah saya tertarik banget saat ASUS mengeluarkan seri ExpertBook B3000 November 2022 lalu dan membuat saya menghadiri gathering ASUS ExpertBook B3000 di Aloft Hotel Wahid Hasyim pada hari Sabtu, 3 Desember 2022.

ASUS ExpertBook B3000 tampil dengan ukuran yang mungil dan tipis untuk ukuran laptop, dan merupakan laptop 2 in 1 yang dapat digunakan sebagai laptop juga bisa sebagai tablet karena keberadaan keyboardnya yang bisa dilepas alias detachable. Meski demikian, ASUS ExpertBook  B 3000 telah disupport dengan chipset berbasis ARM yang digadang-gadang tidak kalah dari performa chipset M1 milik Apple.

Lebih jauh, yuk kita bongkar apa saja yang dimiliki ASUS ExpertBook B3000:

Prosesor, sistem operasi dan chip grafis

Jika biasanya laptop memiliki prosesor Intel atau AMD (Advanced Micro Devices) maka Asus ExpertBook B3000 menggunakan prosesor Snapdragon 7c Gen 2 sehingga menjadi laptop Windows pertama yang menggunakan prosesor Snapdragon pada lini ini. 

Sistem operasi yang digunakan adalah Windows teranyar yaitu Windows 11 yang disebut-sebut memiliki fitur antara lain: Tampilan menu yang lebih sederhana, auto HDR mode, direct storage, fitur multi-tasking dan sistem keamanan yang lebih baik dari serangan malware dan peretas.

OS Windows 11 tersebut berkolaborasi dengan Qualcomm® Adreno™ GPU 618 sebagai chip grafis-nya sehingga aktivitas komputasi sehari-hari berlangsung lebih efisien.

Ukuran

Seperti yang telah saya singgung tadi, ASUS ExpertBook B3000 adalah laptop berukuran mungil dan ringkas, dengan dimensi 26.03 x 17.21 x 0.90 cm, berat hanya 590 gram dan ketebalan 0,9 cm.

Dengan ukuran yang demikian, pantas kiranya digunakan untuk Work Form Anywhere dan Learn From Anywhere karena ASUS ExpertBook B3000 tidak akan membuat berat tas kita.

Meskipun ukurannya mungil, feel mengetik laptop ASUS ExpertBook B3000 ini juga terbilang nyaman dengan key travel 1,5 mm, dish key 0,15 mm dan full size pitch, karena kenyamanan itulah maka mengetik terasa lebih cepat.

Keyboard dan tampilan layar

Pada gathering ASUS ExpertBook B3000 tersebut saya mencoba laptop unik ini. Bagaimana nggak unik? ASUS ExpertBook B3000 ini dapat digunakan secara horizontal maupun vertikal, karena kemampuan itu pula ASUS ExpertBook B3000 mendesain ExpertStand yang ergonomis untuk penggunaan vertikal dan horizontal. Covernya pun dilapisi kain sehingga kesan premiumnya menonjol. Keren banget buat kamu yang sering presentasi dengan klien di café menggunakan laptop. Saat kamu menampilkan slide PowerPoint, kamu bisa menampilkannya horizontal dan ketika kamu hendak menampilkan slide yang memanjang ke bawah seperti perhitungan budget, kamu tinggal ubah posisinya menjadi vertikal (portrait).

Bagi kamu peselancar dunia maya, tampilan layar portrait ini sangat membantu kenyamanan mata ketika kamu menonton Instagram Reels, TikTok, maupun platform lain yang memiliki template video portrait. Perubahan dari horizontal ke vertikal dan sebaliknya terasa sangat smooth, tinggal putar saja seperti kamu memutar posisi tablet.

Ohya, kelebihan lainnya adalah keyboardnya yang detachable, hal ini dimungkinkan karena keyboard telah menggunakan sistem magnet sehingga mudah untuk dipasang dan dilepas. Jika ingin menggunakan selayaknya tablet, tinggal lepas saja seperti melepas magnet kulkas dari pintu kulkas.

Tentunya karena ASUS ExpertBook B3000 didesain detachable maka secara otomatis layar 16:10 (1920×1200) laptop ini juga touch screen untuk mengakomodasi saat digunakan sebagai tablet. 

Hal penting lain yang diusung oleh ASUS ExpertBook B3000 adalah sertifikasi low blue light oleh TÜV Rheinland, sebuah provider sertifikasi kenyaman mata (eye comfort certification provider). Dengan minimnya emisi sinar biru maka ketegangan mata, sakit kepala dan ketidaknyamanan penglihatan dapat direduksi seminimal mungkin.

Fast charging stylus pen

Laptop mini ini dilengkapi dengan fast charging stylus pen, hanya perlu waktu 15 detik untuk penggunaan 45 menit (yup, sesebentar itu!!), buat kamu yang suka mencorat-coret atau kamu yang menggunakan tablet saat kerja di lapangan, kecepatan pengisian daya stylus pen sangat membantu kinerja.

Baterai super lama

Tidak hanya stylus pen saja yang perlu waktu pengisian daya yang sebentar, begitu pula dengan laptopnya. Hanya perlu 39 menit charging time dan maksimal waktu menyala hingga 21 jam. Bisa kelar satu judul drama korea ya khan… Daya baterai yang lama juga akan membuat ringkas hidup karena tidak sibuk cari colokan.

Support maksimal untuk meeting online

Dulu online meeting hanya dialami oleh perusahaan besar yang memiliki cabang di berbagai negara, online meeting pun dilakukan di ruang meeting khusus yang kondusif. Setelah diterpa badai Covid-19, pertemuan secara daring menjadi lazim dimana-mana, baik untuk pekerja maupun pelajar. Ruang tempat melakukan meeting online pun dilakukan di rumah, seadanya sesuai kondisi rumah masing-masing. Pada masa itulah kita merasakan saat meeting diinterupsi oleh suara-suara ‘latar’ seperti suara motor lewat, es krim keliling, tukang sayur, sampai suara abang paket yang nyaring. Karena interupsi suara latar itu pula akhirnya muncul kebutuhan baru, bagaimana caranya agar saat kita presentasi tidak ada lagi suara latar yang tertangkap oleh mikrofon. 

Nah, kebutuhan tersebut disupport oleh ASUS dengan teknologi noise cancellation yang disematkan pada ASUS ExpertBook B3000 sehingga seriusnya presentasi laporan keuangan tidak lagi terselip suara latar.

Kemudian, kamu pernah perhatikan nggak sih mengapa kalau meeting online melalui handphone wajah kita terlihat lebih bagus daripada meeting online menggunakan laptop? Hal itu disebabkan karena laptop pada umumnya tidak memiliki noise reduction camera seperti handphone. Tapi itu kan laptop lain ya, kalau ASUS ExpertBook B3000 sudah lebih canggih dengan menyematkan teknologi 3DNR (3D Noise Reduction) pada kameranya sehingga tampilan wajah kita terlihat lebih bagus di layar.

Kamera

Jika kamu berpikir ASUS ExpertBook B3000 hanya memiliki satu kamera seperti laptop pada lini yang sama maka kamu keliru, karena laptop ini dibekali dua kamera, 13 Mega Pixel untuk kamera belakang dan 5 Mega Pixel untuk kamera depan.

 Lolos uji daya tahan Mil-STD 810H

Saya sempat berpikir, untuk apa sebuah laptop lolos uji sertifikasi militer Mil-STD 810H? Setelah browsing ternyata sertifikasi tersebut juga biasa digunakan untuk produk komersial.

Fokusnya adalah untuk menguji ketahanan produk terhadap tekanan lingkungan seperti tekanan penggunaan, suhu, guncangan, paparan debu dan air hingga tahap tertentu. Dengan demikian jelaslah bahwa sebuah gadget seperti laptop memang selayaknya memiliki sertifikasi ketahanan ini. ASUS mengklaim, ExpertBook B3000 mampu bertahan menghadapi terpaan air hingga 60 cc tanpa membahayakan mesin dibagian dalamnya, tinggal dilap dan dikeringkan.

Antibacterial Guard

Siapa bilang Antibacterial Guard hanya ada pada sabun? ExpertBoard dari ASUS ExpertBook B3000 pun memilikinya. Keunggulan yang telah tersertifikasi ISO 22196 ini berbahan khusus dengan ion silver yang menghambat pertumbuhan bakteri hingga 99% dalam kurun waktu 24 jam. Antibacterial Guard diterapkan untuk mengakomodir kebutuhan masa kini akan kesehatan. Sebuah keunggulan yang sayang untuk dilewatkan.

Garansi

Garansi tentunya adalah hal penting yang menjadi pertimbangan, tentunya karena garansi memberikan rasa aman.

ASUS ExpertBook B3000 yang didistribusikan secara resmi di Indonesia otomatis akan dibekali garansi perbaikan 1 tahun untuk kerusakan diluar kelalaian pengguna. Namun selain garansi tersebut, juga tersedia ASUS Expert Warranty dengan keuntungan utama berupa tanggungan 80% biaya spare-part untuk kerusakan akibat kelalaian pengguna satu kali di tahun pertama.

Setelah mencoba laptop ini secara langsung, saya berpikir ada satu kekurangan yang bakal saya alami yaitu bolak balik ngecek apakah ASUS ExpertBook B3000 sudah masuk tas atau belum. Saking ringan dan ringkasnya.

Kalau kamu berminat untuk membeli, berikut rangkuman yang bisa saya informasikan:

Harga: Rp. 7.399.000

Cocok untuk: Pelajar, pekerja kantoran, freelancer, content creator.

Spesifikasi:

Gabung yuk

Kalau kamu adalah blogger, instagram influencer dan tiktokers, kamu harus tahu kalau ASUS memberikan benefit khusus seperti akses eksklusif untuk produk terbaru dari ASUS, mengikuti kompetisi internal komunitas, mengikuti program affiliate, workshop untuk mengasah skill kamu dan banyak kegiatan lainnya.

Tinggal join ATOM Community dengan cara yang gampang banget:

  1. Buka Zencreator.id dan daftar sebagai member
  2. klik https://bit.ly/ATOMCommunity
  3. Isi Form yang tersedia
  4. Tunggu konfirmasi dari Tim ASUS

Ditunggu ya… semakin rame, semakin seru!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.