Wisata Wawasan yuk di Museum Zoologi Bogor

Minggu lalu, saat melihat kalender spontan saya berseloroh, “Long weekendnya akhir bulan nih, tapi kaki sudah gatal banget pengen jalan”.

Sebagai seorang pengguna kereta commuterline setia, saya mencari tahu lokasi wisata yang bisa diakses dengan mudah dengan commuter line. Jadilah saya berselancar dengan dua kategori: wisata Jabodetabek dan jalur commuter line. Salah satu link yang kerap menjadi referensi saya saat mencari ide jalan-jalan adalah Traveloka aktivitas dan rekreasi, kali ini Traveloka membahas mengenai apa saja yang bisa dikunjungi di Bogor, sebagian dari daftar yang dibuat Traveloka sudah saya kunjungi, bermain di curug sudah, Rafting di Cisadane sudah, mengunjungi Parahyangan Agung Jagatkartta juga sudah, menjadi Indiana Jones di Prasasasti Ciaruteun juga sudah … akhirnya pilihan saya jatuh pada Museum Zoologi Bogor yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9, Paledang, Bogor.

Menuju kesini bukan hal sulit, Jika GPS di smartphone ngga berfungsi, bisa pakai GPS yang lain, alias Gunakan Penduduk Sekitar, siapa sih warga Bogor yang ngga tahu Museum Zoologi yang sudah berdiri sejak tahun 1898 ini? Dan pastinya warga Bogor akan dengan senang hati memberitahukan dimana lokasi museum bergaya kolonial ini.

1

Pada awal pembangunannya, gedung ini adalah tempat penelitian flora dan fauna, namun seiring perkembangan jaman, gedung ini dialihfungsikan menjadi museum, koleksinya sebagian berasal dari hasil pengawetan binatang saat penelitian dimasa lalu, dan dengan sejarahnya yang panjang itu, ngga heran kalau museum ini sudah memiliki ribuan koleksi spesimen, dari binatang kecil seperti kumbang, hingga tulang paus biru asli yang ditemukan di sekitar Garut pada tahun 1916.

2

Bagi saya yang sudah terbiasa dengan perkotaan yang hanya tau sedikit sekali jenis binatang, museum ini ibarat air sejuk bagi saya, saya tahu dan lihat dari jarak dekat ukuran paus biru, beragam jenis kura-kura beserta ukurannya, dan sebagainya.. ribuan koleksi, berarti ribuan wawasan baru.

4

Museum ini ramai pengunjung, Selasa hingga Jumat, banyak anak sekolah yang mengunjungi museum ini sebagai rangkaian Study Tour sekolah, sementara pada hari Sabtu dan Minggu seringkali dikunjungi oleh pengunjung keluarga. Selain sebagai wahana bermain sambil belajar, tiket masuk yang dikenakan oleh pihak museum juga cukup murah, hanya Rp. 15.000 untuk pengunjung domestik… dan yang lebih membahagiakan, setelah berkeliling museum, pengunjung dapat mengunjungi Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor tanpa membayar tambahan tiket masuk, aman di kantong khaaaan…

Sehabis dari museum lanjut jalan-jalan di Kebun Raya Bogor sangat menyenangkan, menghirup udara segar yang notabene adalah hal langka di Ibukota. Jadi, jika diajak kesini lagi lain kali, pasti saya akan senang sekali.

Jadi kamu mau kemana saja saat nanti ke Bogor? Ngga bingung lagi khan?

=====

Museum Zoologi Bogor:

Lokasi: Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Bogor

Buka: Selasa – Minggu

Pukul: 08.00 – 17.00

Tiket Masuk:

Wisatawan Domestik Rp. 15.000

Wisatawan Asing: Rp. 25.000

Parkir:

Selasa – Sabtu: Parkir mobil tersedia

Minggu: khusus parkir motor

Photo Credit:

http://www.nationalgeographic.co.id

http://www.disparbud.jabarprov.go.id

Advertisements

2 thoughts on “Wisata Wawasan yuk di Museum Zoologi Bogor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s