Perjalanan Tak Terlupakan

Hari ini tiga tahun lalu saya Solo Traveling kesekian kalinya ke Jogja.. Momentum kali itu untuk memanfaatkan jeda waktu yang saya punya sebelum kerja di kantor baru. Jumat itu pagi hingga sore hari sebelum meluncur ke Soekarno-Hatta saya menyempatkan diri untuk meet up dengan teman-teman blogger — termasuk alm. Cumi Lebay — (apa kabar lo…

Wisata Wawasan yuk di Museum Zoologi Bogor

Minggu lalu, saat melihat kalender spontan saya berseloroh, “Long weekendnya akhir bulan nih, tapi kaki sudah gatal banget pengen jalan”. Sebagai seorang pengguna kereta commuterline setia, saya mencari tahu lokasi wisata yang bisa diakses dengan mudah dengan commuter line. Jadilah saya berselancar dengan dua kategori: wisata Jabodetabek dan jalur commuter line. Salah satu link yang…

Cinta di Icip Pertama

“Okay, be prepare for the weirdest one” ujar saya dalam hati saat diajak makan bareng Belanga Indonesia di Papoea Kemang.  Ya, sesuai namanya, saya akan mencicipi makanan-makanan dari tanah Papua. Tempat yang masih saya kunjungi dalam mimpi, lewat internet atau buku-buku perjalanan. Begitu mendapat email dari Bonnie, saya langsung berpikir, “oke lah, icip makanannya dulu…

Rafting di Gedung? Memang Ada?

Ada!!! Jangan salah, gedung yang satu ini bukan gedung menjulang ala kota metropolitan, melainkan nama kampung wisata lestari di Kabupaten Way Kanan, sebelah Utara Lampung. Dalam sejarah pertumbuhan masyarakat Lampung. Sebelum ada jalan darat, kereta api, listrik dan telepon seluler, sungai adalah satu-satunya jalur transportasi di daerah ini, masyarakat berkelompok membentuk komunitas mendiami area tepi…

Pantai Batu Karas

Alkisah, sabtu malam itu kami rebah berjamaah diatas tikar yang tergelar di pantai, sempat kami pesimis karena kumulonimbus ikut berjamaah dilangit sana.. Namun mungkin karena kami yang berisik, atau karena puisi yang terujar oleh Maul Bachri, perlahan mereka menjauh, langit pekat malam itu sempurna melatarbelakangi rangkaian gemintang. Orion di Timur, Pisces di Barat, Taurus di…

Berburu Oleh-Oleh Terbaik Belitung

Hujan disertai angin kencang pagi itu sempat membuat saya dan teman-teman saya menunggu sambil berharap agar angin kencang berhenti dan hujan mereda…  Kira-kira pukul 9 pagi, doa terkabul, angin kencang berhenti dan hujan hanya meninggalkan gerimis… Berhubung hari itu adalah hari terakhir di Belitung, hal pertama yang dipikirkan adalah membeli oleh-oleh. Saya sih sudah mencicil beli…

Kapsul Waktu di Sriwedari

Bangun pagi kali itu saya belum berpikir hendak pergi kemana, padahal itu adalah hari kedua solo traveling saya ke Kota Gudeg. Agak mutung, rencana tandem paralayang gagal karena arah dan kecepatan angin sedang tidak mendukung. Dengan bibir manyun 2 senti, saya ngeloyor ke Café terdekat, ngademin hati.. Mampirlah saya ke Indische Café yang terletak di…

Hotel Hoping

Biasanya hotel hoping itu berlaku buat traveler tapi tidak bagi saya kali ini. Tinggal masih di area perkotaan, tapi butuh suasana baru disela-sela hari kerja… Kalo ngantor trus pulang, atau ngantor, kongkow trus pulang tuh rasanya template banget. Berbekal ijin emak bapak dirumah dan baju sepenuh ransel ukuran 20 liter, jadilah saya loncat dari satu…

Workshop Food Photography bersama Marisa Djemat dan Mezza Resto Aston Rasuna

Yess, ilmu lagi… Batin saya saat Mas Teguh Sudarisman mengumumkan orang-orang yang terpilih untuk ikut Workshop Food Photography-nya Aston Rasuna dengan Marisa Djemat. Mana mau saya melewatkan ilmu yang akan diberikan Mbak Marisa yang semua hasil jepretannya mampu menggugah selera, sementara saya, kalau moto makanan ya hasilnya flat aja gitu.. Sampai akhirnya cuma tag location tanpa foto… Padahal,…

Bergelimang harta di ujung Sumatra. Lampung, The Treasure of Sumatra

Ya,  itulah yang saya rasakan setiapkali bertandang ke ujung Pulau Sumatra ini. Ibarat toserba,  Lampung itu serba ada.. Guci Batu Kapal Pertama kali Lampung,  adalah saat diadakannya Festival Petualang ke empat tahun 2015 silam yang berbarengan dengan Lampung Krakatau Festival. Kali itu,  saya dan beberapa teman saya berkemah di Pantai Guci Batu Kapal. Pantai berpasir hitam yang cantik dan tenang, laut…