7 Tips Semangat Saat Harus #DirumahAja

Terlepas dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang keputusannya diteken minggu lalu, Ini sudah melewati minggu kedua pembatasan wara-wiri. Bukan cuma #WorkFromHome yang masih hot dibicarakan itu, tetapi juga semua hal lain yang biasanya dilakukan dengan menyambangi satu tempat ke tempat lain. Semua dari rumah.

Sebagai orang kota yang terbiasa memiliki mobilitas tinggi, sempat terasa aneh kelamaan di rumah, bahkan pernah sampai sakit kepala dan sakit punggung. Usut punya usut, semua itu karena semangat yang ngedrop.

Trus, dengan kondisi bekerja dari rumah yang entah sampai kapan ini, gimana dong? nggak mungkin lah semangat yang nge-drop itu dipelihara.

Nah ini nih 7 hal yang saya lakukan setiap hari untuk mendapat asupan semangat selama satu hari penuh:

Bangun Pagi

Kalau dalam situasi normal bangun pagi adalah keharusan karena harus berangkat ke kantor atau mengejar waktu ke bandara karena harus terbang menuju tempat plesir, pertahankan kebiasaan bangun pagi dalam situasi #dirumahaja ini. Kalau biasanya kembali tidur setelah shalat subuh, coba untuk tetap bangun menikmati pagi.

Buka jendela kamar

Biarkan sinar matahari masuk melalui jendela kamar dan nikmati kesejukan udara pagi yang lebih fresh daripada udara pagi sebelum pemberlakuan work from home.

Di rumah saya, bukan hanya sinar matahari dan udara sejuk saja, tapi juga kicauan burung gereja dan burung bondol haji yang lebih nyaring dibanding biasanya, tentunya ini akibat berkurangnya suara kendaraan bermotor.

Oiya, asal tahu saja, burung bondol haji itu salah satu indikasi lingkungan yang sehat, karena burung tersebut sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan.

Dirumah saya bahkan burung ini membangun sarang tepat di pepohonan didepan kamar. Asik khan …

Penampakan Bondol Haji – Credit: SK Yeong on Unsplash

Berjemur dibawah sinar matahari

Pada acaranya, dr. Mehmet Oz mengatakan bahwa jika tubuh kita memperoleh sinar matahari pagi selama 15 menit maka potensi terserang flu akan turun hingga 40%, selain itu sinar matahari juga meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan tubuh.

Nggak heran khan kalau tubuh kita akan merasa segar setelah mendapatkan sinar matahari. Oh ya, jangan lupa kalau sinar matahari pagi yang menyehatkan hanya sampai jam 10 pagi saja.

Berkebun

Hanya berjemur saja kadang terasa kurang sip, itu mengapa saya berkebun sekaligus mendapatkan sinar matahari pagi.

Mulai dari kegiatan berkebun yang ringan seperti menyiram air atau memberikan pupuk, sampai memangkas bagian tanaman yang sudah tidak rapih atau mengganti pot.

Percaya deh, yang akan bahagia bukan hanya kita, tapi juga tanaman yang kita rawat. Plus-nya lagi, rumah menjadi lebih asri.

Dapat banyak anakan keladi pink

Olahraga

Kemarin-kemarin hal ini yang saya lupakan, padahal endorphin, dan dopamine akan keluar jika kita berolahraga.

Dengan adanya kebijakan #dirumahaja bahkan gym pun tutup. Coba cari tahu, apakah gym tempat kamu latihan mengadakan online workout melalui media sosial? Karena tempat gym yang sering saya sambangi mengadakan online workout selama pandemik corona ini.

Atau kalau mau lebih simpel, buka YouTube dan cari workout video yang banyak bertebaran disana dan mulailah berolahraga.

Pakai pakaian yang sesuai

Biarkan piyama dan daster hanya menjadi pakaian tidur saja, jika ingin menggenjot semangat pakailah pakaian yang sesuai dengan kegiatan yang hendak dilakukan di rumah. Jika hendak berolahraga dengan menonton workout video di YouTube, pakai pakaian olahraga dan jika hendak bekerja, pakai pakaian kerja. Pakaian itu punya “aura”nya masing-masing dan dengan memakai pakaian yang tepat, kita akan terbawa dengan aura tersebut.

“Seragam” saya saat latihan sport voice over

Pakai parfum favorit

Sebetulnya ini trik khusus saya kalau mau “berangkat kerja” dirumah. Berangkat kerjanya sih ke ruangan sebelah doang, tapi untuk menggenjot semangat kerja, saya memakai pakaian yang cukup rapi dan menyemprotkan sedikit parfum yang biasa saya gunakan kalau hendak berangkat kerja ke kantor.

Mood itu bukan ditunggu tapi dibangun, iya khan…?

Itulah 7 tips yang saya lakukan untuk menggenjot semangat saat harus #stayathome.
Kamu punya tips lain? share dong melalui komen.

Ditunggu ya…

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.