Ketika Tulisan Beralih Rupa; Mulai dari Musikalisasi hingga Video Sharing Inspirasi

Nyaris dua tahun lalu, tepatnya 12 Maret 2019 saya sempat menulis mengenai musik religi di sebuah website bernama alif.id.

Sedikit cerita mengenai artikel tersebut, saat saya traveling ke Maluku akhir tahun 2018 lalu saya berkenalan dengan dua orang jurnalis. Disitu pula saya tahu mengenai alif.id dan mulai mengulik isi dari alif.id.

Buat saya, alif.id adalah sebuah situs yang berisi informasi-informasi seputar agama islam yang enak dibaca, tidak kaku dan memiliki cakupan yang cukup luas.

Karena perkenalan itulah sekitar hampir 3 bulan kemudian saya memberanikan diri menulis untuk alif.id, tulisan bertema musik berjudul Panji Sakti: “Ngaji” Melalui Musikalisasi Puisi Religi.

Saya bukan penulis yang mampu menulis dengan rutin (misalnya seminggu sekali atau sebulan satu artikel), tetapi tulisan saya sebagian besar adalah sesuatu yang muncul di kepala saya dan dapat saya tuliskan dalam waktu singkat. Begitu pula dengan artikel saya di alif.id ini.

Selang beberapa hari setelah saya submit, saya di kontak oleh alif.id dan terbitlah tulisan saya.

Kemarin, 7 Januari 2021 saya melihat postingan facebook seorang sahabat yang berisikan sebuah video yang setelah saya tonton sangat nge-link dengan artikel saya di alif.id itu.

Video berdurasi sekitar 43 menit itu dari channel YouTube bernama RAHAYU BUMI ARTO (RAHARTO 2768), sebuah channel yang berisikan sharing inspirasi dari para pelaku seni, petualangan, pendidikan, dan sebagainya.

Sang pemilik channel, Sutoyo Raharto meyakini bahwa banyak permata nusantara yang tersembunyi di dalam penjalanan seseorang yang dapat dibagikan kepada orang lain.

Hal itu memotivasi beliau untuk mewawancarai orang-orang yang mampu menginspirasi banyak orang dengan kata-kata yang sederhana untuk dibagikannya melalui channel YouTube.

Berikut video wawancara sang pemilik channel, Sutoyo Raharto dengan Panji Sakti.

Senang sekali mengetahui bahwa sebuah tulisan dapat beralih rupa menjadi sebentuk karya lain yang juga tak kalah menarik seperti puisi-puisi karya Puji Jagad yang menginspirasi Panji Sakti dalam membuat musik.

Tak kurang, 3 Puisi dalam buku ini yang sudah dimusikalisasi oleh Panji Sakti. Curug Bidadari nama bukunya, buku tipis yang sarat isi tersebut bisa didapatkan di tokopedia dengan klik di sini.

Oh iya, artikel saya di alif.id bisa klik disini >> Panji Sakti: “Ngaji” Melalui Musikalisasi Puisi Religi. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.