Kecepatan yang menjadi gaya hidup masa kini tak hanya terpaku pada mobilitas manusia, tetapi juga kecepatan konektivitas, juga pencarian data. Itulah alasan mengapa laptop ringan, ringkas, performa tinggi dengan baterai awet menjadi spek laptop yang banyak dicari.

Menjawab kebutuhan itu, ASUS mengeluarkan seri laptop dengan Artificial Intelligence (AI) yang terintegrasi. Hadir pada peluncuran ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) pada Kamis, 27 Juni 2024 di Pullman Central Park, saya tak hanya terinformasi mengenai fitur dan desain, tetapi juga mencoba laptop anyar keluaran ASUS ini.

Regional Director ASUS South East Asia, Jimmy Lin.
Mr. Jimmy Lin saat memperkenalkan ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)

Tentunya sesi hands on ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) membuat saya ngerti mengapa Regional Director ASUS South East Asia, Jimmy Lin mengatakan, “From today, when you think about AI, you think about ASUS. When you think about ASUS, AI will just come after with ASUS.”

Yuk baca terus, saya bakal spill spesifikasi ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) di sini.

Doorprize WAR saat launching Copilot Button pada Vivobook S 14 OLED (S5406). Saya juga ikutan dong!
Keseruan WAR doorprize saat launching ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)

Tipis dengan Desain Minimalis dan Elegan

Desain bodi Vivobook S 14 OLED (S5406) ini hadir dengan minimalis dan elegan sehingga tercipta kesan mewah dan professional.

Laptop dengan dua pilihan warna yaitu Neutral Black dan Mist Blue ini memiliki bobot hanya 1,3 kg dan body setipis 1,39 cm. Hal ini menjadikannya praktis untuk dibawa tanpa menghabiskan banyak space dalam tas serta tidak membebani saat dibawa kemanapun.

CPU dan NPU ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)

Meski tipis, ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) hadir dengan ditenagai prosesor generasi terbaru yaitu Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) dengan TDP (Thermal Design Power) hingga 50W. Kemampuan CPU ini dapat memenuhi ekspektasi pengguna pada tuntutan kerja yang berat sekalipun.

Selain itu adanya Intel® AI Boost NPU dan tombol Copilot akan memberikan pengalaman penggunaan AI yang berbeda. Pengguna tak perlu lagi membuka web dan mengetikkan website AI, melainkan hanya menekan tombol Copilot yang tersedia pada keyboard ergonomis Vivobook S 14 OLED (S5406). Sehingga bekerja bisa lebih efisien, ditunjang dengan proses AI yang mulus dan responsif.

Copilot Button pada Vivobook S 14 OLED (S5406)
Copilot Button pada Vivobook S 14 OLED (S5406)

Copilot pada Vivobook S 14 OLED (S5406) memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai fitur cerdas yang ada pada laptop dengan sekali tekan. Misalnya, jika kamu ingin mengubah tampilan layar dari ‘light mode’ ke ‘dark mode’, kamu tinggal ketik saja di kolom Copilot “change background to dark mode’ dan voila, dalam sedetik background berubah seperti keinginan kamu. Bak asisten pribadi ya.

Pengelolaan Termal yang Maksimal

Hal yang menjadi isu bagi banyak perangkat portabel adalah resiko overheating. Nah, Vivobook S 14 OLED (S5406) menjawab tantangan tersebut dengan menanamkan sistem pengelolaan termal ASUS IceCool dengan dual fan dan ventilasi ganda diklaim mampu memastikan bahwa komponen internal terlindungi dari risiko overheating meskipun dihadapkan dengan beban kerja yang berat.

Kecanggihan Layar

Selain itu, layar yang terpasang pada Vivobook S 14 OLED (S5406) adalah ASUS Lumina OLED yang terkenal dengan tampilan visual yang tajam dengan PANTONE Validated, 600nits. Tak heran kalau mata terasa termanjakan saat menatap layar laptop ini.

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan kamera pada laptop, juga telah disematkan FHD camera dengan IR dan Ambient Light Sensor function sehingga tampilan di layar akan selalu tampak cerah. Plus, untuk melindungi privasi pengguna, juga dipasang webcam privacy shield.

Ketangguhan Perangkat Vivobook S 14 OLED (S5406)

Selain bodi full-metal, Vivobook S 14 OLED (S5406) telah mengantongi sertifikasi US Military Grade Durability (MIL-STD-810H) yang meliputi tes guncangan mekanis hingga perubahan suhu yang mendadak. Laptop ini juga memiliki ketahanan baterai yang tahan hingga 16 jam, sehingga pengguna tidak akan pusing ketika harus bekerja di tempat yang tidak memiliki colokan listrik.

Untuk nge-charge, pengguna diberikan kemudahan fast charging dan adanya charger dengan USB-C, benar-benar bikin easy!

Score laptop Vivobook S 14 OLED (S5406) 3DMark
Score laptop Vivobook S 14 OLED (S5406) saat main game

Speaker Harman Kardon Certified

Ini juga nih yang bikin wah, semua tahu Harman Kardon itu memiliki kemampuan top dalam hal audio. Nah, Vivobook S 14 OLED (S5406) sudah dibekali sistem audio berteknologi Dolby Atmos dengan speaker tersertifikasi dari Harman Kardon yang bisa bikin kerja dengan audio, mendengarkan musik atau menonton menjadi lebih mantap.

Kecepatan Transfer Data

Sudah nggak jamannya lagi transfer data lambat, laptop Vivobook anyar ini sudah dibekali dua port Thunderbolt 4.0 yang bikin transfer data jadi wus-wus! Nggak perlu lagi ngabisin waktu atau kecewa sampai bilang “kok nggak kelar-kelar sih?”.

Port input output ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)
Port input output ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)

Ini dia port input output dari Vivobook S 14 OLED (S5406) selengkapnya:

  • 2xThunderbolt 4.0
  • 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A,
  • 1x HDMI 2.1 TMDS,
  • 1x 3.5mm Combo Audio Jack,
  • Micro SD card reader

Personalisasi Laptop lewat RGB Keyboard

Buat kamu yang ingin membuat perangkat terasa ‘kamu banget’, pada RGB yang ada pada laptop ini bisa diubah-ubah warnanya, ada warna standar, juga bisa memilih warna apapun yang kamu suka dengan pilihan gradasi warna yang tak terhitung.

Keyboard ergonomis dengan touchpad lebar dan RGB yang bisa dipersonalisasi pada ASUS VivoBook S 14 OLED (S5406)
Keyboard ergonomis dengan touchpad lebar dan RGB yang bisa dipersonalisasi pada ASUS VivoBook S 14 OLED (S5406)

Jadi selain ngasih nama laptop kesayangan, kamu juga bisa nambahin personalisasi dengan mengubah RGB sesuai warna kesukaan kamu. Kalau kamu ingin tahu bagaimana mengubah RGB nya, kamu bisa meluncur ke reels Instagram saya, link saya sematkan di bagian bawah artikel ini.

Harga Asus Vivobook S 14 OLED (S5406)

Laptop segmen premium, ASUS VivoBook S 14 OLED (S5406) ini dibanderol dengan harga Rp 18.299.000. Harga yang sebanding dengan fitur yang disajikan, laptop yang meningkatkan produktivitas adalah laptop yang bakal meningkatkan cuan, ya kan…

Spesifikasi Lengkap ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)

Brikut spesifikasi lengkap laptop ASUS VivoBook S 14 OLED (S5406), klik gambar di bawah ini agar dapat melihatnya full screen:

Spesifikasi ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406).

ASUS VivoBook S 14 OLED (S5406) merupakan partner dalam menjelajahi dunia dengan cara yang inovatif melalui AI. Sebuah kekuatan baru yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi sehingga pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja.

Tak hanya partner kerja, ASUS VivoBook S 14 OLED (S5406) juga bisa menjadi teman saat menyajikan hiburan seperti menonton film atau mendengarkan lagu.

Supaya lebih puas mengetahui tentang ASUS VivoBook S 14 OLED (S5406), kamu juga bisa tonton reels berikut ini: