Di jaman sekarang, traveling dan mengabadikannya melalui ponsel adalah hal yang lumrah sehingga dibutuhkan kamera yang mumpuni untuk hal itu. Namun di sisi lain, tren traveling juga sudah berubah, kini traveler lebih suka membawa perlengkapan yang simpel, tren ini memiliki sebutan sendiri, yaitu traveling light alias bepergian dengan simpel, dengan mengemas barang bawaan seminimal mungkin sehingga perjalanan lebih efisien, bebas stres akibat koper yang berat, dan tentunya lebih fleksibel saat berpindah tempat. 

Salah satu hal yang mendukung traveling light adalah smartphone yang memiliki kemampuan yang mumpuni, baik untuk menghasilkan foto dan video travel yang keren, kemampuan akses internet cepat untuk mengunggah momen traveling, juga memiliki kemampuan AI (Artificial Intelligence) yang jempolan. Semua kemampuan ini tentunya bakal memperluas visi kamu dalam menggunakan sebuah ponsel.

AI, bukan saja ChatGPT atau Gemini, tetapi juga bisa diaplikasikan pada kamera ponsel. Nah ponsel yang akan saya bahas kali ini memiliki mode AI Portrait Video, menarik khan! Yuk baca selengkapnya.

Rekam Keindahan Destinasi Wisata dalam Detail dengan Zenfone 11 Ultra

Hal terpenting dalam fotografi travel adalah kemampuan mengabadikan keindahan objek wisata yang kamu kunjungi dengan hasil yang memanjakan mata.  Ngintip websitenya, Zenfone 11 Ultra dibekali dengan kamera utama 50 MP yang menggunakan sensor Sony® IMX890. Sensor ini terkenal dengan kemampuannya menangkap detail objek dengan sangat baik, sehingga detail tempat wisata bersejarah seperti Candi Prambanan atau arsitektur Masjid Merah Panjunan di Cirebon, dapat terekam dengan baik dengan tingkat kejernihan yang tinggi.  Hasil foto yang tajam dan kaya warna akan membuat kenangan perjalanan kamu semakin hidup.

ASUS Zenfone 11 memiliki kamera utama 50 MP yang menggunakan sensor Sony® IMX890
Kamera utama 50 MP yang menggunakan sensor Sony® IMX890 bakal bikin foto keren abis

Lensa Ultrawide untuk Bentang Alam yang Luas

Selain detail objek, fotografi travel juga dituntut untuk dapat menangkap keseluruhan suasana tempat wisata, terutama bagi destinasi yang memiliki bentang alam yang luas.  Untuk kebutuhan tersebut, Zenfone 11 Ultra dilengkapi dengan kamera ultrawide 13 MP, 120° ultrawide-angle camera yang mampu menjangkau tantangan tersebut.

Hamparan sawah yang hijau membentang di Ubud, Bali, atau panorama memesona Raja Ampat di Papua Barat bisa diabadikan ke dalam satu frame foto, cerita perjalanan bisa tersampaikan dengan lebih lengkap sehingga pas jika dibilang “sebuah gambar yang bernilai ribuan kata”.

Bisa Rekam Video Perjalanan yang Sinematik

Dengan Zenfone 11, saya (dan juga kamu) bisa eksplor kemampuan videografi hingga tak kalah memukau dengan video para travel vlogger terkenal. Alasannya, smartphone ini mampu merekam video dengan kualitas 8K UHD pada 24 fps dengan kamera utamanya. Hasil rekaman video akan terlihat detail, tajam, dan sinematik. 

Zenfone 11 Ultra memiliki kemampuan video dengan kualitas 8K UHD pada 24 fps dengan kamera utamanya
Zenfone 11 Ultra memiliki kemampuan video dengan kualitas 8K UHD pada 24 fps dengan kamera utamanya

Juga tak perlu khawatir dengan hasil video yang goyang, berkat teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, stabilisasi video Super HyperStead yang dimiliki Zenfone 11. Dan adanya AI Portrait Video, akan tercipta kedalaman alami dan tampilan profesional dari sebuah video portrait. Menangkap esensi setiap momen dengan kejernihan yang memukau.

Edit Cepat dan Bagikan Momen ke Media Sosial

Setelah puas berfoto dan video, kamu tentunya ingin segera membagikannya ke media sosial untuk dibagikan dengan keluarga, teman, dan pengikut kamu.  Zenfone 11 Ultra memiliki layar AMOLED berukuran 6.78 inci dengan refresh rate 144 Hz yang disempurnakan dengan teknologi Pixelworks®, sehingga visual tampak lebih hidup. Dan teknologi low-temperature polycrystalline oxide (LTPO) mampu membuat ponsel ini efisien energi.

Layar ini tidak hanya memanjakan mata saat kamu melihat preview foto dan video, tetapi juga nyaman saat proses editing.  Setelah proses editing selesai, kamu dapat langsung mengunggah foto dan video ke platform media sosial favorit kamu.

Tetap Terhubung dan Mudah Mencari Inspirasi Selama Perjalanan

Kecepatan koneksi internet juga sangat diperlukan saat ini. Untuk mengakomodir kecepatan akses internet itu, Zenfone 11 Ultra didukung jaringan 5G. Dengan internet berkecepatan super cepat memungkinkan kamu untuk mencari informasi terbaru mengenai tempat wisata, restoran, atau event menarik yang sedang berlangsung di destinasi wisata yang sedang dikunjungi.  Selain itu, kamu juga dapat terhubung di media sosial untuk berbagi cerita perjalanan secara real-time dan mendapatkan inspirasi dari para travel content creator lainnya.

Zenfone 11 Ultra memiliki Wifi 5G,
Zenfone 11 Ultra memiliki Wifi 5G, sehingga dapat terkoneksi dengan cepat ke internet.

Punya Fitur AI untuk Kemudahan dan Produktivitas Masa Kini

Karena segala sesuatu dituntut serba cepat, akurat, namun juga tetap indah. Tak heran jika ponsel flagship ini juga dibekali dengan fitur AI yang bakal membuat produktivitas melesat.

Sebuat fitur AI keren bernama AI Call Translator memungkinkan konversi suara ke teks secara instan dan menerjemahkannya ke dalam bahasa yang kamu pilih (canggih khaaaan!!). Nggak sembarang translate, AI Call Translator pada Zenfone 11 Ultra ini juga memahami nuansa kontekstual sehingga dapat memfasilitasi komunikasi tanpa hambatan bahasa. Nah kemudian, terjemahan tersebut dikonversi menjadi suara yang jernih, tak hanya bisa mengerti maksud dari suatu percakapan dengan cepat, tetapi juga bisa terhubung dengan pengguna lainnya di seluruh dunia tanpa kendala bahasa.

AI Wallpaper, AI Call Translator, dan AI Transcript
Zenfone 11 Ultra memiliki fitur AI yang akan memudahkan kamu dan meningkatkan produktivitas kamu

Fitur AI yang lain adalah AI Transcript, yang bisa memberikan transkripsi ketika menggunakan aplikasi Perekam (Recorder), baik ketika merekam maupun mengambil dari file suara yang sudah ada.

Dan untuk personalisasi ponsel, kamu juga bakal suka dengan AI Walpaper yang diberikan ponsel ini, karena hanya dengan beberapa petunjuk dan algoritma AI Zenfone 11 Ultra yang canggih, kamu dapat membuat wallpaper yang mencerminkan gaya dan kepribadian kamu.

Ringan dengan Baterai Tahan Lama dan Mudah Dibawa

Sebagai smartphone yang ideal untuk traveler seperti saya, Zenfone 11 Ultra memiliki desain yang ramping dan bobot yang ringan, hanya 224g, sehingga mudah dibawa kemana pun. 

Teman perjalanan yang ideal, bukan hanya karena ringan dan nyaman digenggam, juga karena baterai yang tahan lama dan bisa terisi dengan cepat.

Zenfone 11 Ultra memiliki fitur fast charging
Zenfone 11 Ultra memiliki fitur fast charging

Zenfone 11 Ultra memiliki baterai berkapasitas 5500 mAh yang tergolong besar di kelasnya.  Dengan baterai ini, tak perlu khawatir kehabisan daya saat asyik hunting foto dan video di tempat wisata. Baterai ini tahan hingga 26 jam lebih pemakaian reguler, dadakan harus kerja via ponsel saat di tempat wisata, nggak masalah. 

Jika baterai mulai menipis, teknologi pengisian daya nirkabel Asus HyperCharge 65W yang dimiliki Zenfone 11 Ultra memungkinkan baterai dapat diisi daya dengan cepat, memastikan ponsel selalu siap mengabadikan momen berharga di setiap destinasi wisata.

Berapa Harga Zenfone 11 Ultra?

Zenfone 11 Ultra sudah launching pada tanggal 11 Juni 2024 kemarin, dan informasi yang dibagikan saat launching tersebut, ASUS memberikan promo first sales periode Selasa, 11 Juni 2024 sampai dengan Minggu, 30 Juni 2024. Melihat dari website resmi, ini dia dua tipe Zenfone 11 Ultra beserta harga dan warnanya:

  • Zenfone 11 Ultra 12/256: Harga normal Rp10.999.000 dan saat promo first sales harga dibanderol Rp9.999.000. Tersedia tiga warna pilihan: Eternal Black, Misty Grey dan Skyline Blue.
  • Zenfone 11 Ultra 16GB/512GB: Harga normal Rp14.999.000. dan saat promo first sales harga dibanderol Rp13.999.000, tersedia dalam warna Eternal Black.

Wah banget kan ya… Semua kebutuhan dalam genggaman, bikin motto ‘traveling light’ bisa terwujud dengan mudah, terlebih semua fitur ini melampaui pendahulunya yaitu Zenfone 9 dan Zenfone 10, sesuai dengan taglinenya Expand Your Vision.

Nah, kalau saya bakal banyak menggunakan Zenfone 11 Ultra untuk fotografi, videografi dan unggah ke sosial media. Kalau kamu, bakal pakai ponsel flagship ini untuk apa saja? Komen dibawah ya…***

Artikel ini diikutsertakan pada Zenfone 11 Blog Writing Competiton di Blog Oom Yahya